Modus Penipuan Terbaru 2012


_=[P]kr_[A]jet=_ | 04.01 |


Assalamualaikum Wr. Wb.


Tujuan dari trit ane ini sedikit ingin menyampaikan INFO bagi yang belum mengetahui modus yang akan saya ceritakan.

saat ini memang marak sekali penipuan lewat sms yang berisikan menang sesuatu, anak nya tertangkap polisi, hingga mendapatkan paket barang yang di dalam nya ada pemberitahuan memenangkan barang yang sangat mewah.

kejadian ini di alami oleh keluarga kami kemarin. Tepatnya Hari Selasa Tanggal 1 Mei 2012. pada siang hari jam 13.28 ayah saya menginfokan lewat pesan singkat SMS kepada saya, bahwa hampir saja keluarga kami tertipu oleh klompok orang yang tidak di kenal. sedikit cerita yang ane dapatkan dr ibu dan ayah ane saat ane pulang ke rumah ...

Selasa siang jam 12an kata ibu ane, ibu ane mendapati telpon dr seseorang yang mengaku Satpam sekolah adek ane. yang mengabarkan addek ane mendapat kecelakaan di sekolah nya dan pendarahan di otak. Yang mengharuskan mentransfer sejumlah uang ke sebuah rekening bank. kurang lebih percakapan di telp ibu ane dengan sang pelaku seperti ini :

A: Ibu Ane
B: Sang pelaku

Triiiinnggg .. triiiinnnggg ( dering telp rumah ane )
ibu ane yang angkat karna di rumah ngga ada siapa" selain Ibu ane karna ane kuliah gan ..

A: Haloooo ...
B: Haloo bu. apa ini dengan ibu A ...?? ( dengan tergesa" )

A: iya benar saya sendiri. ini siapa? ada perlu apa?
B: ini saya security sekolah anak ibu Andhika Fajar Ramadhan ( nama panjang adek ane ). Dika ( nama panggilan sehari" di rumah ) kecelakaan bu.

A: ........ ( ibu ane shook berat sampe ngga berbicara )
B: skrng anak ibu di bawa ke rumah sakit mitra. di lantai 1 UGD. alat penolongnya kebetulan seharga 8Jt rupiah ibu. klo ngga segera, anak ibu bisa " Lewat "

A: ..... ( ibu ane terdiam sambil terisak tangis )
B: klo ibu mau bicara dengan walikelas nya dika ini nomernya di catat ...

ibu ane sambil nangis mencatat no Hp tersebut ... ( ane ngga tau no nya gan karna setelah kejadian ibu ane buang karna saking takut nya )

B: itu nomer hp nya Ibu Lili ( nama walikelas adik ane ). segera yah bu jgn sampai telat. klo telat anak ibu bisa " Lewat "

tuutt, tuut, ttuuuttt .... ( tlp di tutup sang pelaku )

karna ibu ane ngga kuat dan panik. ibu ane lsng tlp ayah ane yang bekerja di daerah bogor, dan memberikan no tlp yang pelaku berikan td ke ibu ane. ayah ane lsng tlp ke nomer tersebut.

kurang lebih bgini percakapannya :

C: ayah ane
D: ( yang ngaku walikelas adek ane )

C: halo slamat siang, dengan ibu lili ..?
D: iya bnr pak ( sambil nangis" kata ayah ane )

C: bnr anak saya kecelakaan ?? 
D: benar pak, sekarang ada di rumah sakit mitra lantai 1 UGD lg di tanganin Dokter bla bla bla ( ane lupa nama dokternya )

D: anak bapak butuh alat penolong dan ini satu" nya alat dan banyak peminatnya, klo ngga cepat di beli anak bapak bisa " Lewat ". bapak harus transfer uang ke No Rek XXXXXXX ( ane ngga di kasih tau no rek nya )
C: ok nanti saya transfer, tolong tangani anak saya secepatnya. ( ayah ane panik karna mendengar suasana mirip sekali di rumah sakit yang terdenger suara ambulance dan dokter yag sedang panik )

D: cepat ya pak ...

tuuut, tuuuut.... ( tlp kembali di tutup )

ayah ane lsng cek no rekening tersebut atas nama siapa dan bank apa ...
setelah di cek no rek tersebut .. ayah ane kembali tlp no tersebut yang di berikan ibu ane ....

C: halo ..
B: iya pak ( pelaku yang mengaku security tadi )

C: maaf itu no rek bank apa?? dan ats nama siapa ?? ( bermaksud menanyakan kebenaran no rek tersebut.
D: Bank mandiri pak kata dokter bla bla, atas nama dokter bla bla bla ( ternyata benar info td yang ayah ane cari. ) tolong di percepat yah pak ( dengan nada panik )

C: iya sabar donk saya sedang menuju rumah sakit anak saya di larikan sambil mencari ATM Mandiri nya ( kebetulan ayah ane cm punya M-Banking BCA )

telpon kembali di tutup sama sang pelaku ...

di satu sisi ibu ane mendapat firasat aneh dan ibu ane ingat skolah adek ane ngga terlalu jauh sama rumah kaka ipar ane ... ibu ane lsng tlp ke kaka ipar ane dan menyuruh ke sekolah adek ane. kaka ipar ane di sana mananyakan satpam sekolah ada kejadian kecelakaan atau tidak. ternyata setelah di tanyakan ngga ada sama skali. karna ibu ane penasaran ... ibu ane meminta kaka ipar ane untuk samperin adek ane di kelasnya .. akhirnya kaka kelas adek ane ada yang kenal dan segera memanggil adek ane. yang ternyata adek ane sehat walafiat yang sedang ingin menunaikan Sholat Dzuhur dan bicara sama adek ane. singkat kata seteleh ibu ane tlp kaka ipar ane.

ibu ane pn lsng tlp lg ke ayah ane mengabarkan yang sesungguh nya. saat itu ayah ane mungkin kesian sama ibu ane. 

isi pembicaraannya :

C: mah andhika di rumah sakit, mama jgn panik yah tenang aja ( menganggap ibu ane stress berat dan mengada" karna no rek yang di cari infonya sinkron smua )
A: PAAH !! DIKA ADA DI SEKOLAH !! MAMA TD TLP AYU ( nama kaka ipar ane ) DIKA NGGA KNP" ... ( membentak ayah ane )

C: ya udah coba papa ingin bicara .. 
A: sebentar ( sambil di conferns sama kaka ipar ane )

setelah semua keadaan jelas ayah ane baru percaya dan sempat ingin menguak siapa sang pelaku ... dan kebetulan sekali sang pelaku menelpon ayah ane ...

B: Pak gmna ?? udah transfer ??
C: sabar donk pak, saya dalam perjalanan ke rumah sakit sambil mencari ATM terdekat.

anehnya tlp lsng di tutup kembali ...
setelah 10 mnt an, pelaku menelpon kembali ...

B: pak anak bapak sedang di oper ke rumah sakit fatmawati ( dengan suara ada ambulance seakan" ada di dalam mobil ambulance )
C: ya sudah gpp saya pindah haluan ke sana, tolong anak saya di tolong segera mungkin ..

B: iya pak, tp bapak sudah transfer??
C: iya sebentar lg.. saya masih di tol ..

tlp di tutup kembali ..
mungkin sang pelaku sudah merasa akan ketahuan. sang pelaku menelpon kembali dan mengabarkan adek ane udah "Lewat" ..
padahal ayah ane juga lg perjalanan pulang ke rumah  ..

alhamdulillah ALLAH SWT masih melindungi keluarga ane. akhinya kluarga ane ngga jd tertipu ... setelah itu ibu ane ke warung depan rumah dan menceritakan kejadian ini. ternyata tetangga ane teman nya pernah tertipu hingga 43jt dalam sehari ... !!!!
bayangkan sekarang modus penipuan sangat tdk tertutup lg. melainkan sang penipu ini mempunyai cara yang lebih kreatif.

saran dari ane :

- Minta lah No WaliKelas dr orangnya lsng
- Minta juga No tlp sekolah dmna adek kita yang masih bersekolah
- Jangan pendam masalah sendiri klo dpt penipuan macem bgini, segera share ke tetangga terdekat.

dari kejadian ini dan kejadian" yang telah di ceritakan sma kerabat dekat ane. Modus yang di pakai sang pelaku adalah :

- Slalu mengabarkan anggota keluarga yang masih bersekolah dan letak sekolah sangat jauh dr rumah
- Mengabarkan kecelakaan tersebut di sekolah atau sekitar lingkungan sekolah
- Meminta transfer dengan jumlah uang pertama standart saat seseorang mendapat kecelakan dan lama" meminta semakin besar
- Saat ingin ditemui di rumah sakit. mengabarkan korban di oper" rumah sakit yang menganginya dengan alasan alat untuk menolongnya tdk ada.



Sekian info yang ane bisa berikan dari kejadian yang kluarga ane alami. smoga info ini bisa jd bahan pengetahuan kita yang belum mengetahui modus ini. ingat pelaku penipuan ngga akan pandang bulu bahwa keluarga itu mempunyai harta berlimpah, pas pasan atau pun rendahan dan selalu waspada dengan keadaan sekitar kita ...

0 komentar:

Posting Komentar

Daftar Blog Saya

Translate